Pembatalan Ujian Nasional 2020 dalam Rangka Menyelamatkan Siswa dari COVID-19

Ujian nasional (UN) tahun 2020 resmi dibatalkan mengingat wabah corona di Indonesia semakin merebak. “Keputusan ini sebagai bagian dari sistem respons wabah Covid-19 yang salah satunya adalah pengutamaan keselamatan kesehatan rakyat,” kata Juru Bicara Presiden RI Fadjroel Rachman dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com. Pemerintah sangat mempedulikan keselamatan para siswa dan keluarganya.

Memang Ujian Nasional menjadi tolok ukur pencapaian kompetensi bagi siswa selama belajar di sekolah tersebut. Ujian Nasional bukan satu-satunya alat ukur untuk mengukur kompetensi siswa. Pencapaian kompetensi terbagi ke dalam tiga ranah yaitu Koqnitif, Afektif, dan Psikomotorik. Ketiga aspek tersebut dapat diukur guru pada proses pembelajaran. Jadi guru pasti sudah mempunyai ukuran penilaian pada masing-masing siswa.

Memberikan ujian dengan tatap muka, ditengah merebaknya kasus Corona sangat rentan bahaya penularan. Pemerintah tdak hanya memikirkan siswa, namun juga keluarga yang ada di rumah. Siswa yang terinfeksi dari hasil interaksi di sekolah akan membawa virus tersebut ke rumah.

Bisa jadi siswa tidak terinfeksi Corona namun mereka rawan untuk menularkan Virus tersebut. Corona mudah menginfeksi para lansia dan orang yang sudah menderita penyakit lain sebelumnya. Kebijakan Social Distancing menjadi salah satu cara mencegah merebaknya penularan virus Corona. Jika siswa berkelompok dan tertular Virus Corona, dia aka dengan mudahnya menularkan kepada orang-orang di dalam rumahnya. Bisa jadi mereka mempunyai orang tua yang sudah lansia atau kakek nenek yang Lansia.

Kondisi ini menjadi keprihatinan kita bersama. Siswa tidak dapat belajar secara optimal. Mereka yang biasa bersosialisasi di sekolah akan merasa bosan jika harus terkurung di rumah. Ruang gerak mereka juga akan dibatasi. Mereka tidak akan bisa bermain dengan teman-temannya seperti biasanya. Aktivitas fisik sangat dibatasi karena adanya Social Distancing .

Semoga wabah Corona segera berlalu sehingga siswa dapat segera kembali belajar dengan normal.

Posted on: 25 Maret 2020, by :

3 thoughts on “Pembatalan Ujian Nasional 2020 dalam Rangka Menyelamatkan Siswa dari COVID-19

  1. I do not even know how I ended up here, but I thought this post was good.
    I do not know who you are but definitely you’re going to
    a famous blogger if you aren’t already 😉 Cheers! asmr 0mniartist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *