Perlukah Indonesia Menempuh Langkah Lockdown di Tengah Merebaknya Wabah COVID-19

Sejumlah negara telah mengambil langkah lockdown untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19. Bertambahnya pasien positif Corona dan yang meninggal dunia, sebagian besar masyarakat mendesak pemerintah Indonesia untuk mengikuti langkah negara lain: lockdown. Pemerintah terlalu berpikir panjang tentang kebijakan Lockdown. Mungkin poertimbangan Pemerintah adalah dampak yang akan ditimbulkan terutama dampak secara ekonomi.

Baca juga: SURAT EDARAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PATI TENTANG VIRUS CORONA

Suka tidak suka, kebijakan untuk melakukan Lockdown perlu dilakukan oleh Pemerintah untuk mencegah penyebaran Virus COVID-19. Sebelum semuanya terlanjut menjadi tidak terkendali Pemerintah harus bertindak tegas. Banyak contoh negara yang gagal dalam membendung penyebaran virus Corona. Sebut saja Iran dan Italia. Kedua negara tersebut merupakan negara yang gagal dalam membendung laju penyebaran Virus Corona. Dari ukuran Korban meninggal Italia merupakan negara paling banyak korban meninggalnya. Dari 59,138 penderita atau orang yang terinfeksi ada 5,476 orang yang meninggal dunia. Menurut update terbaru di dunia korban keganasan Virus Corona semakin bertambah.

Pemerintah Indonesia mestinya berkaca pada pengalaman yang dialami oleh negara lain. Korea Selatan merupakan negara yang paling bijak dalam mengatasi Corona.

Tiap negara memberlakukan lockdown secara berbeda. Italia yang mempunyai korban jiwa terbanyak akibat Corona mengimbau warga agar berdiam diri dalam rumah. Sebagian besar klub malam, restoran, sekolah, kampus, dan bioskop berhenti beraktivitas. Restoran yang buka harus tutup pada pukul 18.00 dan makanan dibawa pulang.

Pemerintah Italia juga melarang warga bepergian, apalagi ke luar negeri jika tidak ada urusan mendesak atau urusan keluarga. Peraturan yang sama juga berlaku bagi siapapun yang datang ke negara tersebut. Mereka yang datang dari negera terdampak, seperti China, nggak diizinkan masuk. Beberapa kota di Italia juga sudah dikurung dengan penjagaan yang cukup ketat. Tidak boleh ada warga yang bebas keluar-masuk.

Bagaimana dengan negara kita? Kita sangat menunggu-nunggu kebijakan tegas dari Pemrintah. Sebenarnya Pemerintah tidak hanya menghimbau namun harus berupa larangan yang jelas kepada semua warga. Semoga keadaan di Indonesia menjadi lebih baik.

Posted on: 23 Maret 2020, by :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *