Program Belajar Mengajar di Rumah Menghambat Penyebaran COVID-19

Penyebaran Virus Corona (COVID-19) semakin bertambah di Indonesia. Daerah-daerah mulai melaporkan bahwa di daerahnya sudah ada orang yang terjangkit virus tersebut. Seluruh daerah bersinergi melakukan upaya pencegahan dengan melakukan pengawasan yang ketat, karenanya ditekankan bahwa pendekatan yang diterapkan adalah community based. Perlu kerjasama yang menyeluruh dari semua kalangan agar penyebaran virus ini tidak semakin meningkat.

Dunia pendidikan mengambil langkah sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan edaran terkait pencegahan penyebaran Virus Corona. Dinas pendidikan di tingkat Provinsi maupun Kabupaten mulai mengambil tindakan dengan meliburkan sekolah atau kegiatan belajar mengajar. Namun demikian tidak serta merta peserta didik tidak memperoleh pembelajaran ketika libur. Libur tidak boleh dimanfaatkan untuk berlibur, karena kontak dengan orang luar di tempat wisata justru akan mempercepat penyebaran Virus Corona. Libur sekolah tetap mengharuskan peserta didik untuk terus belajar.

Guru sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam pembelajaran siswa sebaiknya menyediakan konten pembelajaran yang dapat diakses oleh siswa. salah satu cara adalah mengarahkan peserta didik untuk mengakses konten pembelajaran yang tersedia secara online. Lebih baik lagi jika guru menyediakan konten pembelajaran daring yang disusun sendiri, misalnya dengan membuat media pembelajaran yang dikemas secara online. Guru juga dapat menyelenggarakan pembelajaran melalui live streaming melalui Youtube, atau media yang lain.

Selamat Belajar semoga keadaan segera pulih seperti sediakala.

Posted on: 16 Maret 2020, by :

1 thought on “Program Belajar Mengajar di Rumah Menghambat Penyebaran COVID-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *